Selasa, 18 September 2012

KARAKTER REMAJA KRISTEN


Masa remaja adalah masa pembentukan identiras, pada masa inilah terjadi proses pencarian dan pemantapan sifat serta kebiasaan yang akan menjadi ciri khas seseorang dan dipe
rtahankan sampai sisa hidupnya.
Karakter Setiap Orang Berbeda
            Tiap – tiap orang memiliki karakter yang tampak jelas dari pola piker yang terlihat melalui pengambilan keputusan dan penyelesaiaan masalah, sifat serta kebiasaannya, hubungannya dengan orang lain, dan perencanaan hidupnya untuk masa depan.
Tidak ada orang yang sudah memiliki karakter yang baik sejak lahir, walaupun mungkin hanya sedikit, perubahan tetap diperlukan karena kuatnya peranan hal – hal yang justru membuat karakter menjadi tidak baik dan jauh dari perkenan Allah. Seperti dicatat di Roma 8 : 8 , “Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah”
Faktor – faktor yang Berperan dalam Pembentukan Karakter
-          Pola asuh orangtua
-          Pengalaman masa lalu
-          Norma masyarakat

Kesimpulannya :
·         Tiap manusia memiliki karakter yang baik dan buruk
·         Karakter yang baik adalah pikiran, perkataan, perbuatan, dan sikap kita yang dapat membangun dan mendatangkan kebaikan bagi diri sendiri dan orang lain.
·         Karakter yang buruk adalah pikiran, perkataan, perbuatan, dan sikap kita yang merugikan diri sendiri dan orang lain.
·         Karakter yang buruk dapat dikurangiatau bahkan dihilangkan, tergantung kepada diri kita, apakah mau berubah atau tidak.
·         Remaja Kristen dapat dikenal melalui karakter yang mencerminkan dirinya sebagai anak Tuhan pada satu sisi mampu menghargai diri sendiri dan dengan demikian orang lain pun menghargai dirinya. Pada sisi lain, mampu menghargai orang lain dalam kekurangan dan kelebihannya.
·         Indikator manusia bertumbuh sebagai pribadi dewasa adalah manusia yang mengalami proses pertumbuhan secara bertahap, yang mampu menilai diri sendiri, menerima koreksi positif dari orang lain dan terbuka untuk membarui dirinya dalam rangka membangun kehidupan pribadi dan sosial yang positif dan konstruktif.

0 komentar:

Poskan Komentar