Tuesday 18 September 2012

TAKUT AKAN TUHAN


takut akan Tuhan meliputi berbagai aspek, yaitu:
v  Allah Itu Kudus
Takut akan Tuhan adalah kesadaran akan kekudusan, keadilan, dan kebenaran-Nya sebagai pasangan terhadap kasih dan pengampunan-Nya. Untuk itu kita dituntut untuk mengenali Dia dan memahami siapa Dia. Hal ini juga meliputi kesadaran bahwa Dialah Allah yang tidak berkenan atas segala jenis perbuatan dosadan karena itu Ia berkuasa untuk menghukum siapapun yang melanggar hokum Allah.
v  Allah Layak Mendapat Hormat
Takut akan Tuhan berarti memandang Dia dengan penuh kagum, menghormati kekudusan-Nya, serta mengagungkan-Nya sebagai Allah yang memiliki kemuliaan dan kuasa di atas segala –galanya.
v  Allah Memiliki Kuasa
Takut akan Tuhan menjadikan orang percaya menaruh iman dan kepercayaannya untuk beroleh selamat hanya dari Dia.
v  Allah Adalah Awal dari Segala Pengetahuan
Amsal 1 : 7 mengaitkan pengetahuan dengan sikap takut akan Allah. Pengetahuan disini adalah pemahaman manusia dalam menyikapi hidupnya di tengah – tengah dunia ini. Pemahaman itu hanya mungkin terjadi apabila manusia mau menundukkan diri di hadapan Allah yang Maha Mengetahui.
Takut akan Tuhan adalah sikap mau tunduk pada ketetapan dan kehendak Allah.

Dapat dikatakan bahwa alasan – alasan untuk takut pada Tuhan bersumber pada pengertian di atas  yang dapat disingkatkan sebagai berikut :
a.       Kita harus takut akan Tuhan karena kuasa-Nya yang besar selaku Pencipta segala sesuatu dan segala bangsa ( Mazmur 33 : 6-9 )
b.      Kuasa-Nya yang dahsyat itu terus menopang unsure –unsur ciptaan, termasuk kita ( Keluaran 20 : 18-20; Markus 4 : 39-41 )
c.       Kita menyadari kekudusan-Nya ( Wahyu 15 : 4 )
d.      Kesadaran akan kemuliaan-Nya ( Matius 17 : 1-8 )
e.       Berkat – berkat yang terus kita terima dari Dia, khususnya pengampunan dosa                     ( Mazmur 130 : 4 )

0 comments:

Post a Comment