Monday 8 October 2012

Penggunaan Future Continuous Tense


Apa kabar teman-teman belajar bahasa Inggris online? Saya yakin semua dalam keadaan baik-baik saja. Bagaimana puasanya? Saya yakin lancar-lancar saja. Semoga puasa kita tahun ini diterima oleh Allah. SWT. Sekarang kita akan belajar mengenai Future Continuous Tense. Tenses ini digunakan untuk menyatakan peristiwa yang sedang terjadi. Kenapa demikian? Karena dari namanya saja ada kata “continuous tense”. Akan tetapi Future continuous tense itu berbeda denganpresent continuous tense. Future continuous tense untuk peristiwa yang akan sedang terjadi. Saya ulangi sekali lagi bahwa future continuous tense adalah untuk menyatakan peristiwa yang akan sedang terjadi.
Untuk lebih mudah dipahami perhatikan ilustrasi peristiwa di bawah ini:


“Saya menerima SMS dari pacar saya. Dia bilang dia ingin datang kerumah saya untuk makan malam bersama saya besok malam. Dia bilang akan datang jam 7 malam. Waduuuuhhh karena saya orangya sibuk terus, terus saya bilang ke pacar saya “ maaf… lebih baik adek jangan datang kerumah, karena jam 7 malam besok abang akan sedang bekerja.”

Pada peristiwa di atas, ada kalimat yang saya cetak tebal. Pada kalimat tersebut menyatakan sebuah pekerjaan yang akan sedang terjadi. Sekali lagi…AKAN SEDANG TERJADI”. Jadi kegiatan atau peristiwa yang sedang terjadi itu tidak harus sekarang/now, akan tetapi bisa saja besok, minggu depan atau bahkan tahun depan. Jika kasusnya begini maka tenses yang tepat adalah Future Continuous Tense.
Bagaimana? Apakah bisa dipahami apa itu future continuous tense dan kapan kita menggunakannya? Semoga bisa dimengerti. Saya beri satu contoh ilustrasi lagi ya…

Anton   :  Hi…apa kabar?
John     :  Alhamdulillah saya baik-baik saja. Ada apa bro?
Anton   : Saya ingin minta tolong. Kamu bisa gak hari minggu depan mengantarkan saya ke bandara?
John     : Minggu depan? Memangnya jam berapa?
Anton   : Jam 10 pagi. Bisa gak?
John     : Hmmmm gimanaya. Saya hari minggu depan jam 10 pagi akan sedang berenang. Biasalah…itu jadwal mingguan saya. Tiap hari minggu jam 10 saya latihan renang. Jadi pada jam 10 minggu depan saya akan sedang berenang. Jadi tidak bisa mengantar kamu ke bandara.
Anton   : Ya sudah…it is ok.

Semoga bisa dipahami apa itu future continuous tense. Hal penting lainnya yang perlu diketahui bahwa, biasanya bila kita menggunakan future continuous tense ini, baik kita dan lawan bicara kita mengetahui waktu atau jam berapa kegiatan itu dilaksanakan. Contoh:

I will be sleeping at 7am tomorrow.
My mother will be cooking at 10am next Monday.
I will not be sleeping when you call me.
Don’t forget to bring your umbrella. It will be raining when you return.

Pola Kalimat

Positif               : Subejct + will + be + Ving
Negative           : Subject + will not/won’t + Ving
Pertanyaan       : Will + subject + be + Ving + ?

Contoh:

They will be playing soccer at 5pm tomorrow.

My father won’t be watching TV in the living room   when you watch the TV in the living room.

Will Toni be doing his homework at 10 tonight?

What will you be doing at 8am tomorrow? I will be having breakfast.

My mother and I will be playing chess when the film starts.

Semoga penjelasan ini bisa bermamfaat untuk kita semua. Amin.

0 comments:

Post a Comment